Tips Memanfaatkan Kertas Menjadi Kerajinan Daur Ulang

BuletinKaonak – Kertas merupakan salah satu komponen kecil yang memegang kendali dalam dunia persampahan, walaupun tidak sejahat plastic, namun tetap saja kertas jika ditimbun terus menerus akan menimbulkan dampak negative untuk lingkungan, apalagi kita tahu komposisi untuk membuat kertas berasal dari alam, jadi bukan tidak mungkin jika lama kelamaan kertas menjadi salah satu benda yang mahal. Bijaknya sekarang pemikiran manusia semakn berkembang sinambi merusak tetap diimbangi dengan perbaikan. Dan untuk limbah kertas sendiri sudah muncul banyak informasi – informasi di media social mengenai cara daur ulangnya, baik untuk digunakan menjadi fungsi yang lain atau di proses menjadi kertas lagi dalam kualitas yang berbeda. Kertas yang sudah tidak terpakai dapat diubah fungsinya seperti menjadi hiasan dinding, membuat kerajinan tangan seperti tas, keranjang, tempat tisu dan masih bayak lagi. Lain halnya dengan pengolahan kertas bekas untuk memperoleh kembali kertas layak tulis, pengolahan ini cukup membutuhkan kesabaran, mungkin untuk beberapa orang beranggapan dari pada membuat kertas daur ulang lebih baik membelinya saja.

Baca Juga:

8 Jenis Bencana Alam Yang Ada Di Bumi

Efek Rumah Kaca Bagi Bumi

Ini Dia 7 Ide Makanan Murah Selain Mie Instan

Lubang Gelap Bawah Tanah

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk melakukan daur ulang kertas adalah koran bekas, air, panci, blender, kasa, handuk bekas, sprei bekas dan spons kering. Berikut ini adalah beberapa cara daur ulang kertas:

1. Mengumpulkan kertas lalu membuatnya menjadi bubur

Kini kertas daur ulang banyak digunakan oleh sebagian orang. Bahkan sangat menarik dan mudah sekali bagi mereka untuk melakukan daur ulang kertas menjadi kertas baru yang bermanfaat. Contohnya adalah kertas koran. Empat sampai lima kertas koran dapat digunakan untuk menghasilkan kertas daur ulang sebanyak dua lembar kertas kecil.

Setelah anda mengumpulkan kertas, kini saatnya kertas dirobek menjadi berukuran lebih kecil lalu direndam dengan air panas. Anda dapat menghaluskannya dengan cara diblender.

2. Menyaring kertas

Bubur kertas yang telah anda buat disaring menggunakan kawat halus yang dianyam. Selanjutnya bubur kertas dimasukkan ke dalam panci sebanyak setengah dari volume panci. Lalu ditambahkan air hingga volume pada panci setinggi 7 – 10 cm dan kassa dimasukkan dalam wadah panci. Kasa dikeringkan dengan cara meletakkan kasa pada handuk.

3. Pengepresan Kertas

Langkah pertama adalah dengan membuang kelebihan air lalu kasa diangkat dan posisinya dibalik. Kamu dianjurkan untuk tidak mengeringkan kertas di bawah panas karena dapat menyebabkan kertas yang anda buat berkerut. Setelah itu, anda lepaskan kertas dari permukaan sprai.

Kertas yang kamu buat dilakukan pengujian. Cara mengujinya adalah dengan menuliskan kata menggunakan bolpoin pada kertas. Jika berhasil makan tulisan yang anda tulis pada kertas akan terbaca.

Kelebihan dari daur ulang kertas adalah untuk meminimalisir penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas sehingga tidak banyak pohon yang harus ditebang. Alhasil dapat memelihara keseimbangan hutan. Senang kan sesuatu yang tidak kita butuhkan lagi ternyata alam butuhkan.

 

Penulis : Kupuk-puk GPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *