Pentingnya Edukasi Bagi Pendaki Gunung

Buletinkaonak.com Mendaki gunung memang suatu kegiatan yang menyenangkan dan mengasikkan terutama ketika ingin mencari ketenangan dari padatnya perkotaan. Memang berat dan menguras tenaga, mungkin dari hal tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri buat para pendaki untuk menaklukan suatu gunung. Tidak lupa pemandangan yang disuguhkan alam sekitar gunung menambah semangat dan hasrat para pendaki untuk menaklukan puncak. Dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir pendakian gunung menjadi kegiatan favorit masyarakat Indonesia. Ketika memasuki akhir pekan pendaki berbondong-bondong menyerbu gunung di seluruh Indonesia bahkan seluruh penjuru dunia untuk memenuhi hasrat atau tidak mau kalah dengan pendaki lain hanya demi mencari eksistensi/ pengakuan, mungkin itu hanya beberapa pendaki.

Tapi ada juga yang membuat kegiatan yang bersifat positif demi menjaga kelestarian dari gunung tersebut. Ada dampak yang di timbulkan dari sebuah kegiatan baik itu positif atau negatif. Memasuki era modern banyak hal mudah di akses termasuk mulai terkenalnya bermacam-macam gunung yang tidak luput. Dulu pada tahun 2010 kebawah gunung masih menjadi hal yang asing tidak seterkenal seperti sekarang, karena beberapa faktor yang menjadikan gunung begitu diminati oleh masyarakat.

Sebenarnya tidak hanya gunung yang menjadi korban, banyak tempat-tempat yang sebelumnya belum terekspos/tereksplor menjadi begitu dominan di masyarakat saat ini. Hal positif yang ditimbulkan menjadikan perekonomian masyarkat sekitar lebih baik dari hal negatifnya menjadikan tempat-tempat tersebut kotor penuh sampah dan kultur budaya masyarakat sekitar ikut berubah, sebenarnya sudah menjadi masalah klasik akan kesadaran lingkungan buat masyarakat Indonesia dengan hal tersebut. Kembali ke permasalahan pendaki gunung banyak juga yang masih kurang sadar dengan lingkungan dan rasa memiliki yang masih rendah akan suatu tempat yang masih baru.

Menambah pengetahuan sebelum mendaki memang penting dan sangat di anjurkan demi menambah bekal buat menaklukkan si gunung bukan hanya bekal logistik yang di penuhin. Sudah banyak jaman sekarang untuk mengedukasi diri atau teman melalui internet yang sudah banyak tersebar dan mudah diakses. Dengan menambah pengetahuan sebelum mendaki dapat meminimalisir hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebelum mendaki lengkapi dari segi logistik, peralatan safety pribadi (sepatu, jaket, peralatan tidur, dll) dan juga mematuhi peraturan/ himbauan yang ada di sekitar gunung itu semua demi kenyamanan bersama sehingga tidak merepotkan orang lain karena di guunung jauh dari akses masyarakat tidak seperti di perkotaan yang serba ada.

Selain beberapa hal yang mendukung sebelum mendaki ada juga yang selalu membuat gunung tidak seelok dahulu yaitu masalah sampah, di wajibkan bawa kembali sampahmu wahai para pendaki demi menjaga keelokan, kenyamanan, kelestarian dan ekosistem gunung. Jika tidak mau repot dengan membawa sampah mending dilihat dari kejauhan jangan dijamah kasihan gunungnya dan makhluk hidup yang menghuni gunung tersebut. Ingat jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan membunuh kecuali waktu dan jangan mengambil kecuali gambar.

(sumber: buletinkaonak, foho)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *