Manusia Dan Polusi

Buletinkaonak – Seperti halnya demokrasi dari, oleh dan untuk. Polusi dari manusia, oleh manusia dan dampaknya juga untuk manusia. Pernahkah kalian memperhatikan panas matahari sekarang berbeda dengan dulu, udara sekarang tidak sesegar dulu, dan kondisi air dibeberapa daerah tercemar limbah. Apakah itu murni karena alam? Tentu saja tidak. Manusia memainkan peran penting dalam hal itu. Arti dari polusi sendiri adalah masuk atau dimasukkannya zat, energi, makhluk hidup dan atau komponen ke dalam suatu lingkungan, yang akhirnya membuat kualitas lingkungan itu menurun. Polusi dibagi dalam 4 jenis diantaranya:

 

1. Polusi Udara

Polusi udara biasanya terjadi karena polutan yang berbentuk gas atau zat partikel. Contoh yang dapat menimbulkan polusi udara itu seperti. Gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), HzS (Gas beracun), nitrogen dioksida (NO2), sulfur dioksida (SO2). Nah asalnya itu bisa dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, pembakaran sampah, dan banyak lagi.

 

2. Polusi Air

Polusi air terjadi karena adanya zat atau polutan yang dapat menimbulkan polusi air. Contohnya itu limbah cair industri, insektisida yang digunakan oleh para petani, Hg, CO, dan Zn. Selain itu, sampah-sampah plastik juga menjadi salah satunya.

 

3. Polusi Suara

Polusi suara biasanya terjadi karena adanya suara bising dan juga deru mesin kendaraan. Banyak lagi penyebabnya. Seperti mesin pabrik, mesin penebang pohon, dan masih banyak lagi, pokoknya selama pendengaran kamu merasa terganggu, maka kamu sedang terkena polusi suara. 

 

4. Polusi Tanah

Polusi tanah bisa terjadi karena adanya zat atau polutan yang menimbulkan tercemarnya tanah, seperti sampah plastik, sampah karet, sampah botol, dan lain halnya yang dibuang sembarangan ke tanah.

Polusi-polusi diatas memiliki dampak yang yang tidak menguntungkan baik bagi manusia dan alam itu sendiri.Dampak polusi seperti gangguan pernafasan, jantung , hingga kanker sudah marak terdengar di telinga khalayak, Namun polusi dapat menyebabkan menurunya tingkat kecerdasan apakah sudah banyak diketahui?

Dr. Frederica P. Perera, seorang Direkrur Columbia Center for Children’s Environmental Health, bersama teman-temannya telah melakukan sebuah penelitian tentang dampak polusi bagi manusia. Hasilnya adalah? Anak-anak yang berumur 5 tahun di kota New York yang sejak dalam kandungan sudah terpapar oleh polusi udara dengan kandungan Polycyclik Aromatic Hydrocarbon (PAH), akan memiliki IQ yang lebih rendah 4 poin dari anak-anak yang kurang atau tidak terpapar oleh PAH. Polusi itu muncul dari asap kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik. Bukan hanya untuk manusia , polusi juga berperan penting terhadap kerusakan alam dan keberadaan hewan, seperti kasus Paus yang mati di Wakatobi setelah di periksa ternyata di perutnya terdapat sampah-sampah plastik.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi dampak tersebut?

Mulailah dari hal kecil, seperti menanam pohon dipekarangan rumah, Gunakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda,Rutin melakukan pengecekan mesin agar tidak menimbulkan polusi berlebih, dan gunakan transportasi umum. Bagaimana, Mudah kan?

 

Penulis: Kupuk-puk (GPA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *