Kenapa Kita Harus Menulis?

Buletinkaonak – Segala sesuatu akan terasa sulit jika kita tidak mencoba memulainya. Memulai menulis misalnya. Menulis apapun yang bisa kita tulis, seperti kegiatan kita sehari-hari, kejadian-kejadian unik yang kita jumpai setiap hari, dll.

Jujur saja saat kecil dulu pasti kalian sering menulis kegiatan sehari-hari atau curhatan tentang perasaan kalian kan? Ditulis dalam buku kecil yang bergambar tokoh-tokoh kartun favorit dan diberi judul “Dear Diary”. Hayo ngaku…

Terus kenapa saat dewasa malah berhenti menulis? Apa alasannya? Malu? atau Malas?

Lakukan terus kebiasaanmu untuk menulis guys. Dijaman sekarang ini teknologi sudah canggih, muncul sosmed-sosmed baru yang menawarkan fitur keren. Manfaatkan sosmed yang ada sebagai ladang kamu menulis.

Apalagi buat kalian yang hobi travelling, sia-sia jika momen tersebut tidak disalurkan melalui sebuah tulisan. Terlalu banyak momen atau perjalanan yang kita lalui hanya terabadikan melalui foto dan sebatas ingatan. Lambat laun pasti akan lupa begitu saja. Beda cerita jika kita menuangkan perjalanan kita dalam tulisan. Kita bisa membaca sewaktu-waktu saat kita lupa.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Pramoedya Ananta Toer

Sudah jelas bukan bahwa menulis itu penting. Menulis merupakan sarana komunikasi yang baik. Dengan menulis kita dapat menuangkan perasaan kita dan orang lain yang membacanya juga ikut merasakan apa yang kita rasakan.

Mulailah dari sekarang membiasakan diri untuk menulis, hal sekecil apapun itu, tuliskan. Menulislah dari hal-hal yang ringan terlebih dahulu.

Banyak manfaat dengan kita menulis loh, selain untuk mengisi waktu luang dan untuk menghilangkan stres, menulis juga dapat menghasilkan uang. Mengasah kreativitas, menambah relasi/networking, dan menyalurkan ide/pikiran.

Menulis dapat dilakukan dimanapun, kapanpun. Jangan menunggu munculnya ide baru menulis tetapi terus gali ide-ide tersebut untuk terus menulis.

Mungkin buat kalian yang masih pemula susah ya untuk memulai menulis. Berikut ada beberapa tips untuk menulis :

  1. Carilah tempat yang nyaman untuk menulis. Dengan tempat yang nyaman dipastikan ide-ide akan mengalir. Perhatikan juga jam kreatif anda, biasanya jam-jam produktif untuk menulis itu dipagi, siang atau malam hari, sesuaikan dengan jadwal kegiatan anda.
  2. Buat mind map atau rencana apa yang akan kamu tulis dan lakukan riset untuk tulisanmu.
  3. Mulailah dengan 5W+1H.
  4. Kerangka tulisan. Judul, lead, tubuh, penutup. Pilihlah judul yang menarik perhatian, jangan terlalu panjang, atau terlalu ekstrem. Lead/pembukaan berupa ringkasan dan pernyataan menonjol. Bagian tubuh buat kalimat beruntun, saling berkaitan, dinamis, dan jangan mengulang kalimat, ungkapan atau kata. Penutup bergaya pamit, selipkan kata “demikian”, “maka”, “jadi” atau “akhirnya”.
  5. Perhatikan gaya bahasa dan ejaan. Sasaran tulisanmu untuk siapa? Apakah untuk remaja, dewasa atau orang tua. Pakailah gaya bahasa yang mudah dimengerti agar para pembaca tidak bingung dan bosan. Tentu unggahlah topik-topik yang memang sedang populer.
  6. Pastikan tulisan tersebut mengandung ilmu atau pengetahuan baru bagi pembaca dan jangan sampai mengandung SARA.
  7. Koreksi lagi tulisan anda.
  8. Pantang menyerah.

write, write more, write even more, write even more than that!”. –Brian Clark

Membaca juga merupakan bagian yang penting dalam menulis. Dengan membaca kita dapat mengetahui gaya penulisan yang baik, dan memunculkan ide-ide baru. Membacalah dari berbagai sumber, cari referensi sebanyak-banyaknya dari buku, internet, jurnal/karya imliah, dll. Karna penulis harus lebih memperkaya diri sendiri.

“Kita tak bisa menulis karena kita tak membiasakan menulis. Kita pun kurang membaca. Akhirnya wajar saja kalau kita tidak bisa nulis. Rabun membaca akan membuat kita lumpuh menulis”. – Pipit Senja

Jadi mulailah menulis ya guys. Selamat mencoba….

Salam lestari…

Penulis: Kupuk (GPA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *