8 Jenis Bencana Alam Yang Ada Di Bumi

BuletinKaonak – Dari kondisi dan letak geografisnya Indonesia merupakan Negara yang rawan dengan bencana alam.Dari faktor alam kemungkinan Indonesia terjadi bencana sudah sangat besar , apalagi ditambah denga faktor manusianya jika tidak peduli dengan lingkungan.

Bencana alam yaitu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan serta penghidupan orang-orang yang diakibatkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia sehingga menyebabkan munculnya korban jiwa, rusaknya lingkungan, kerugian harta benda serta efek psikologis.

Lalu apa yang dapat manusia lakukan untuk sedikit mencegah terjadinya bencana alam tertentu? Minimal dengan mengawali untuk menjaga alam sekitar, tidak buang sampah sembarangan, tidak membakar hutan dan tidak melakukan hal-hal lain yang menyebabkan rusaknya lingkungan. Bencana alam ada banyak sekali jenisnya, namun secara umum dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu bencana alam geologi( terjadi di permukaan bumi, seperti tsunami, gunung meletus), bencana alam meteorology(Bencana yang berhubungan denga iklim, seperti banjir), dan bencana alam ekstra-terestial(Berasal dari benda luar angkasa, seperti jatuhnya meteor). Berikut beberapa contoh bencana alam yang terjadi di bumi.

1. Bencana Alam Banjir

Banjir adalah bencana alam yang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dengan tidak diimbangi dengan saluran-saluran pembuangan air yang memadai. Pada umumnya banjir terjadi karena luapan sungai yang tidak mampu menghadang derasnya air sehingga menyebabkan jebolnya sistem perairan disuatu daerah. Banjir juga diakibatkan oleh manusia itu sendiri karena membuang sampah sembarangan ke saluran-saluran pembuangan air dan menebang pohong-pohon secara liar,mengingat pohon sangat bermanfaat sebagai penyerap air saat datangnya hujan.

2. Bencana Alam Tanah longsor

Bencana longsor terjadi karena setelah hujan yang cukup lebat dan tanah tersebut tidak sama sekali ditumbuhi tanaman maka terjadilah longsor itu. Ada juga bencana longsor yang terjadi secara alami, karena memang tanah yang kurang padat, curah hujan yang cukup tinggi dan kemiringan yang cukup curam.

3. Bencana Alam Kebakaran hutan liar

Kebakaran hutan terjadi bisa dikaitkan oleh alam itu sendiri, bisa juga dikaitkan oleh ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.Bahaya yang timbul karena kebakaran hutan adalah asap yang dihasilkan dapat merusak pernapasan.Bencana kebakaran hutan disebabkan oleh alam kemungkinan karena petir yang menyambar.

4. Bencana Alam Gempa Bumi

Gempa bumi biasanya disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Gempa adalah bencana alam yang tidak dapat diperkirakan, oleh karena itu gempa merupakan bencana alam yang sangat berbahaya.

5. Bencana Alam Tsunami 

Perubahan permukaan laut terjadi karena disebabkan oleh gempa bumi yang berada di bawah laut, letusan gunung berapi di bawah laut, longsor bawah laut, atau hantaman meteor di laut.

6. Bencana Alam Gunung Meletus

Gunung meletus diakibatkan karena meningkatnya aktivitas magma yang ada dalam perut bumi. Jika gunung akan meletus maka dapat dideteksi dengan cara melihat aktivitas perkembangannya, mulai dari siaga, waspada, awas dan hingga puncaknya yaitu meletus. Ketika suatu gunung meletus maka akan mengeluarkan berbagai macam material-material yang ada di dalam bumi, mulai dari debu, batu, kerikil, awan panas, kerikil hingga magmanya.

7. Bencana Alam Angin Topan atau Angin puting beliung

Angin puting beliung merupakan angin yang berputar dengan kecepatan yang amat tinggi dan bergerak secara garis lurus dengan durasi maksimal 5 menit. Bencana angin puting beliung belum dapat diprediksi karena teknologi yang kurang memadai. Tetapi jika di Amerika bencana topan sudah dapat diprediksi kapan terjadinya dan dimana tempatnya sehingga dapat menghimbau warga agar segera untuk mengungsi.

8. Bencana Alam Badai Tropis (Siklon Tropis) 

Badai tropis atau siklon tropis adalah badai sirkuler yang menimbulkan angin kencang yang mampu merusak daerah sekitar 250 mil dari pusatnya. Siklon tropis menyebabkan kerusakan oleh angin kencang, gelombang badai dan hujan lebat. Gelombang badai adalah naiknya permukaan laut sepanjang pantai secara cepat karena angin menggerakkanya ke pantai.

Satu tanggapan untuk “8 Jenis Bencana Alam Yang Ada Di Bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *