10 Tips Hidup Ramah Lingkungan

Buletinkaonak.com – Apakah kamu termasuk orang yang gemar makan dan bersisa. Apakah kamu seorang yang suka belanja dengan kantong plastik. Mandi dengan memboroskan air. Dan apakah kamu seorang yang sangat bergantung pada kendaraan meskipun hanya ke warung yang dekat dengan rumah. Pernahkah kamu berfikir darimana asal makanan, minuman, bahan bakar dan kebutuhan yang kita pake sehari-hari, semua itu berasal dari kekayaan bumi.

Bayangkan jika kamu memakai kekayaan bumi dengan berlebih tidak adakah kemungkinan habis? Dan bagaimana nasib generasi setelah kita. Bumi juga butuh waktu untuk memperbarui sumber daya tersebut Karena sebab itu, kita manusia bumi memiliki peran penting dalam penghematan sumber daya alam ini. Sekarang sudah banyak konten internet, penyuluhan masyarakat yang mengajak untuk hidup dengan ramah lingkungan. Pada dasarnya green lifestyle, eco-friendly lifestyle atau gaya hidup ramah lingkungan berarti gaya hidup yang menerapkan efisiensi dan optimalisasi dalam penggunaan energi dan sumber daya alam.

Nah berikut 10 tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk berdedikasi terhadap bumi agar tetap hijau.

1.  Gunakan tas belanja sendiri yang ramah lingkungan demi menghemat penggunaan kantung plastik.

2.  Pilah sampah sesuai jenisnya. Sampah bekas sayur dan buah bisa digunakan sebagai kompos alias pupuk alami untuk tanaman sedangkan sampah kaleng, kertas dan plastik bisa dikumpulkan untuk didaur ulang.

3.  Manfaatkan atau gunakan air bekas cucian beras dan sayur untuk menyiram tanaman dirumah.

Baca Juga:

4.  Pergunakan sabun cuci yang ramah lingkungan. Karena ada beberapa kandungan zat kimia dalam sabun cuci yang dapat merusak unsur hara tanah.

5.  Minimalisir penggunakan tisu. Sebagai gantinya gunakan baju yang sudah tidak terpakai sebagai pengganti tisu.

6.  Masak makanan dengan potongan yang kecil. Ini disebabkan karena sayuran yang dipotong kecil-kecil akan lebih cepat matang, tentu saja bisa untuk menghemat bahan bakar.

7.  Pergunakan slow cooker, dengan rendah konsumsi listrik, masakan pun lebih bergizi.

8.  Rendam piring makan dan alat dapur lainnya bersama didalam ember dengan air sabun,kamu akan lebih cepat membersihkan dan membilasnya, artinya kamu bisa menghemat pemakaian air.

9.  Gunakan sepeda. Selain menyehatkan moda transportasi sepeda ini akan membuat bumi lebih bisa bernafas dari asap kendaraan dan yang jelas hemat bahan bakar.

10. Matikan lampu jika saat tidur dan saat siang hari. Dengan begitu kamu dapat menghemat listrik dirumah.

Sangat mudah dan murah kan? Ayo segerakan hidup bergaya ramah lingkungan dan ajarkan pada tetangga, saudara dan anak anak kita demi Bumi tetap hijau, dan jangan lupa untuk berlangganan artikel menarik lainnya, melalui link yang sudah kami buat.

2 tanggapan untuk “10 Tips Hidup Ramah Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *